Skip to content

Ayo kelola profil google scholarmu

Sambil nyantai ngopi, ayo kita coba telisik cara mengelola profile google scholar (GS). Tentu sudah banyak yang tau mengenai fungsi dari google scholar ini bukan? bagi para peneliti dan dosen, profile publikasi menjadi portofolio terpenting. Salah satunya disajikan oleh google scholar ini. Tentu juga masih banyak portal lain seperti scopus, mendeley, bahkan blog pribadipun juga bisa dimanfaatkan. Khusus google scholar, ini mesin yang cukup canggih dan oke banget diperhitungkan.

GS tidak hanya menyajikan informasi mengenai banyaknya publikasi (tersedia online), tetapi juga menghitung banyaknya dampak ilmiah berupa kutipan atas artikel terpublikasi. Secara otomatis GS mencari artikel-artikel ilmiah kemudian memanen metadata masing-masing artikel dan menyimpannya. Metadata ini menjadi bahan baku GS membuat perhitungan/ query atas setiap artikel berupa (1) jumlah dokumen, (2) h-index, dan (3) i10-index. Penjelasan ketiga hal itu bisa di baca di laman bantuan google scholar. 
Pengutipan yang benar, maka akan membuat metadata yang benar juga. Akan tetapi dikala ada penulis yang mengutip tidak standar maka akan menjadi masalah sendiri, yaitu tidak akan ter-record di dalam GS. Nah, beberapa contoh yang aku tulis di catatan ini adalah cara mengelola, lebih spesifiknya adalah mengedit profile google scholar kita dimana ada 2 bentuk metadata di GS yang berbeda dan terjadi double counting. Kita bisa melakukan edit metadata di GS dan bisa juga melakukan merger. 

Merger metadata
GS menyajikan layanan merger artikel dan akan menjumlahkan jumlah kutipannya. Teknisnya, aku akan ambil contoh buku tulisannya Prof. Sugiono Soetomo yang berjudul: “Urbanisasi & morfologi: proses perkembangan peradaban & wadah ruang fisiknya menuju ruang hidup yang manusiwi”. Buku ini sebenarnya telah dikutip oleh lebih dari 50 orang, akan tetapi banyak penulis yang mengutip salah. Akibatnya terbentuk 4 jenis kutipan yang terekam oleh GS. Kesalahan pengutipan itu dalam bentuk (1) menulis judul tidak lengkap, (2) salah menulis penerbit, contohnya: diterbitkan oleh Graha Ilmu tetapi ditulis Undip Press, dan (3) Tidak menuliskan kota terbit dan (4) salah menulis penerbit. Akibatnya membentuk metadata yang salah dan GS juga mencatatnya sebagai kesalahan. 
Ini buktinya, ada 4 bentuk kutipan yang dibuat oleh GS
Sebenarnya lebih dari 4 bentuk kutipan yang disajikan oleh GS, tapi karena keterbatasan layar, aku sajikan cukup 4 saja, dimana 3 kutipan salah dan 1 kutipan yang benar. Bisa dilihat seluruh kutipan atas buku itu tinggi sekali, ada 30, 20, 11, 2, dan masih banyak lagi untuk tipe-tipe kutipan. 
Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memasukkannya ke profile google scholar. Berhubung buku itu ditulis oleh Prof. Soetomo dan bukan aku, maka hanya akan disimulasikannya di profile GS-ku dan selanjutnya akan dihapus. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
Tahap 1: Memasukkan seluruh bentuk kutipan (baik yang benar ataupun salah) ke dalam profile google scholar.
Aku masukkan ke profile google scholar-ku hanya untuk uji coba
Di profile di atas, ada 4 bentuk kutipan dengan jumlah pengutipan yang berbeda-beda. Keempat bentuk kutipan itu sebenarnya berasal dari 1 buku yang sama, dimana penulis mengutipnya salah. 
Tahap 2: Merger/ menggabungkan keempat bentuk kutipan itu
Klik seluruh judul buku yang sama kemudian klik gabung
Caranya cukup mudah, klik semua judul buku yang sama dan perlu digabungkan. Kemudian di bagian atas klik GABUNG. Tombol GABUNG ini tersembunyi, dia akan muncul dikala klik di cek box artikel lebih dari 1. 
Tahap 3: pilih judul buku yang benar 
Pilih metadata yang dianggap benar, baik judul, penerbit, tahun, dll

Tahap 4: Dan. jadi, tergabung (merger).
Sudah tergabung mejadi satu begitupula jumlah kutipannya, di jumlahkan
Tanda bintang (*) menandakan bahwa judul artikel (metadata) digabungkan. Tapi ternyata kalau di teliti lebih detail masih ada kesalahan yaitu nama penerbit. Harusnya penerbitnya adalah Graha Ilmu dan bukan Penerbit NARASI seperti tertulis di atas. Langkah selanjutnya adalah mengedit metadata.
Tahap 5: Mengedit metadata GS
Klik edit untuk mengubah metadata
Caranya cukup mudah, klik saja judul buku/ artikel kemudian akan masuk ke laman seperti di atas, dan klik edit.
Tahap 6: Membetulkan data yang salah
Edit saja secara manual
*Artikel ini sebelumnya sudah diterbitkan di laman facebook di link: https://www.facebook.com/notes/sariffuddin/ayo-kelola-profil-google-scholarmu/488478251493536/
%d bloggers like this: