Mengecek benar/ tidaknya daftar pustaka di setiap artikel bukan hanya tanggung jawab penulis tetapi juga editor setiap jurnal. Kenapa harus benar? Hubungannya dengan data/ text mining yang dilakukan oleh google scholar, scopus dan mesin pengindeks lainnya. Erat kaitannya dengan statistik kutipan yang implikasinya pada nilai h-index dan lebih-lebih berpengaruh pula pada perhitungan i-10 di google scholar. Pengaruh kesalahan penulisan daftar pustaka terhadap statistik google scholar bisa di baca pada catatan saya sebelumnya di link ini: https://www.facebook.com/notes/sari…
Menjadi persoalan baru bagi editor untuk mengecek kebenaran daftar pustaka di setiap artikel. Bayangkan saja jika setiap jurnal terbit harus mengeluarkan 10 artikel, dan editor harus mengecek benar/ tidaknya penulisan daftar pustaka, bisa memakan waktu yang super lama. Oleh karena itu perlu adanya trik untuk mengakali persoalan ini.
Menjawab tantangan itu, crossref.org sebenarnya menyediakan fasilitas untuk mengecek daftar pustaka melalui menu link references. Dari layanan ini, dengan sangat mudah kita COPY-PASTE daftar pustaka setiap artikel kemudian secara otomatis crossref akan mencarikan sumber aslinya, kemudian kita tinggal download file metadata artikel berupa RIS, endnote, BibTeX, maupun RefWorks. File meta data ini kita masukkan ke reference manager seperti Mendelay maupun Endnote untuk selanjutnya kita terapkan di setiap artikel. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.
1. Masuk ke halaman search.crossref.org 
 
Setelah masuk ke halaman searchcrossref.org kita akan disajikan searh engine seperti google.com. di bagian atas (navbar) ada beberapa link yang bisa dimanfaatkan yaitu: (1) Finding data, (2) Link References, (3) Status, (4) API, (5) Help dan (6) Sign in menggunakan Orcid ID kita. Dari enam menu ini kita hanya menggunakan menu ke dua yaitu LINK REFERENCES.
1
2. COPY seluruh daftar pustaka dari artikel dan PASTE di LINK REFERENCES di laman search.crossref.org
 
Seluruh daftar pustaka di artikel yang akan diedit silakan di COPY dan di PASTE di link reference. Jangan lupa click MATCH to DOIs. Crossref secara otomatis akan mencari artikel yang kita gunakan dan menghubungkan ke sumber asli.
2
3. Crossref akan menscan seluruh pustaka yang kita gunakan dan mengarahkan ke sumber asli.
Hasil scan pustaka disajikan dalam bentuk link yang mengarahkan ke sumber asli. Seluruh artikel yang memiliki DOI akan lebih mudah ditemukenali oleh crossref.
3
4. Dengan mudah kita menuju ke sumber asli dan silakan download citation.
Download citation dalam bentu RIS, BibTex atau Refwork tergantung reference manager yang anda gunakan.
4