Skip to content

Manfaatkan mendeley suggest untuk mencari artikel favorit

Mendeley, bukan menjadi barang baru lagi bagi komunitas peneliti, mahasiswa dan para penghuni kampus. Software yang dilengkapi cloud ini bukan hanya berfungsi sebagai reference manager atau ‘tukang buat daftar pustaka’ tetapi dia menyajikan banyak hal, yang tentunya berkaitan dengan dunia meneliti, menulis, mempublikasi dan mensitasi. Funding, fitur terbarunya memberikan peluang pendanaan bagi proyek penelitian yang sangat dibutuhkan. Banyak sekali sumber-sumber dana/ sponsor yang ditawarkan melalui fitur teranyar ini. Tidak kalah menariknya bagi para peneliti dan penulis yaitu Mendeley Suggest, sesuai dengan kata yang digunakan fitur ini memberikan rekomendasi artikel yang sesuai dengan topik penelitian kita.

Mendeley suggest di software mendeley belum bisa diakses langsung, hanya bisa menggunakan browser website

Hingga saat ini, fitur Mendeley Suggest ini baru bisa dinikmati di layanan website. Artinya kita harus akses melalui browser web seperti google chrome maupun safari. Meskipun sebenarnya di Mendeley Desktop juga ada fiture Mendeley Suggest ini, tetapi disaat kita akses akan memberikan alamat link ke website. Mendeley menjanjikan akan segera menyediakan fiture suggest ini di versi desktop.

Tampilan Mendeley Suggest di mendeley.com

Apa keuntungannya? Namanya juga suggest, dia akan memberikan informasi mengenai related artikel serumpun dengan tema artikel yang sedang kita pelajari dan kita tulis. Mendeley akan sangat mudah menemukenali research interest kita dari artikel-artikel yang kita download dan kita baca melalui mendeley desktop maupun artikel-artikel yang diterbitkan oleh group elsevier. Sangat mudah bagi mendeley mengetahui perilaku literasi kita jika kita melanggan sciendirect.com ataupun scopus.com karena Mendeley, Sciencedirect dan Scopus.com berada di satu perusahaan yang sama yaitu elsevier. Dari perilaku digital itulah Mendeley merekam kemudian menganalisisnya. Hasil analisis itu disajikan di dalam bentuk suggest artikel. Bagaimana kalau kita mendapatkan artikel dari portal selain sciencedirect.com? Mendeley tidak bisa menelusuri jejak perilaku digital pembaca namun disaat kita memanfaatkan mendeley sebagai reference manager maka secara otomatis juga akan terekam sebagai jejak digital yang akan digunakan untuk memberikan suggest artikel. Artikel-artikel yang ditampilkan melalui fitur suggest ini bukan hanya yang berasal dari sciendirect ataupun group elsevier tetapi tidak jarang juga berasal dari jurnal lain selain sciencedirect.com meskipun proporsinya tidak sebanyak yang berasal dari sciencedirect.com.
Memilih artkel yang sesuai
Di saat kita menemukan artikel yang sesuai dengan tema bacaan kita, sangat mudah tinggal click + Add to library kemudian tinggal kita pilih group tema penelitiannya. Secara otomatis metadata artikel tersebut akan masuk di mendeley dan sinkron antara mendeley desktop, mendeley web, hingga mendeley mobile jika kita menginstall mendeley di  android maupun di IOS. Semuanya terkoneksi, dan tersinkronisasi antara satu dengan yang lain. Apakah otomatis mendapatkan fulltext-nya? Tentu saja tidak, kita hanya bisa mendownload metadata artikel yang kemudian bisa kita manfaatkan sebagai citation. Namun jangan khawatir, Mendeley memberikan fasilitas Get fulltext at journals berupa direct link ke portal jurnal yang menyajikan artikel tersebut. Kita bisa menelusurinya langsung kemudian mendownloadnya jika tersedia open access atau mungkin harus membayar terlebih dahulu, tergantung kebijakan jurnal.

Bagaimana Mendeley tahu research interest kita? Perilaku pembaca yang menggunakan mendeley desktop akan terekam. Secara otomatis mendeley akan memberikan jumlah pembaca atas setiap artikel. Jika kita cermati di setiap artikel yang dibaca di mendeley desktop maupun mendeley mobile menampilkan jumlah pembaca (readers). Jumlah pembaca ini yang kemudian dijadikan data untuk selanjutnya memberikan suggest article yang ditampilkan di fitur suggest. 
Contoh tampilan artikel di iPad yang sudah tersinkronisasi dengan Mendeley Desktop. Berapa jumlah readers-nya?

%d bloggers like this: