Skip to content

Mencoba presentasi online di aplikasi keynote live di macOS

Presentasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi dunia pendidikan. Saat ini, presentasi tidak hanya dituntut secara langsung di depan kelas tetapi juga harus bisa live secara online. Artinya materi yang kita paparkan akan muncul dan bisa dilihat oleh orang lain di seluruh dunia yang terhubung melalui jaringan internet. Teleconference, salah satu bentuk praktek komunikasi dua arah melalui media suara dan gambar. Sedikit berbeda dengan itu, Presentasi online ini sifatnya 1 arah yaitu dari penyaji (speaker) kemudian akan terdistribusi kepada para audience yang duduk di depan browser internet, maupun ipad, Macbook dan bahkan handphone. 
Icon keynote di macOS (sumber: macobserver.com)
Sebelum memulainya, kita harus terhubung melalui jaringan internet, WiFi atau bisa juga hanya melalui bluetooth. Jikalau hanya bluetooth atau mungkin WiFi lokal tentu tidak akan terhubung secara luas seperti saat terhubung dengan jaringan internet. Layanan ini sangat membantu di kala kita melakukan meeting kecil dengan beberapa orang namun tidak tersedia LCD proyektor, maka kita bisa memanfaatkan perangkat-perangkat pribadi kita sendiri seperti iPad, Tab, Handphone atau laptop yang memiliki browser internet seperti google chrome, safari ataupun opera, simpel. 

Memulai presentasi online

Untuk memulai presentasi online, kita harus menyiapkan file presentasi dalam bentuk keynote. FIle presentasi ini bisa kita import dari file powerpoint yang biasa kita buat di microsoft. Kemudian langkah awal yang harus di lakukan adalah dengan cara mengundang terlebih dahulu calon pemirsa (viewers) melalui jaringan media sosial ataupun jaringan lokal melalui fasilitas AirDrop. 
Tampilan presentasi di aplikasi keynote di komputer presentator
Di saat akan menjalankan aplikasi presentasi online ini di bagian atas (kotak) ada menu keynote live. Menu ini yang akan menjalankan proses presentasi online selanjutnya. Setelah kita mengaktifkan keynote live maka kita akan diberikan menu dialog baru untuk setting proses keynote live. Kita diminta mengundang calon audience dengan cara click menu invite viewers. Ada banyak cara mengundang mereka, dari jaringan internet melalui media sosial seperti facebook, twitter, email, mengirim pesan sms, linkedin hingga melalui jaringan non-internet yaitu dengan cara memilih AirDrop. 

Tampilan keynote live settings sebelum mengundang calon audience
Dalam contoh kasus ini saya akan mencoba menggunakan AirDrop yang secara langsung terhubung dengan iPad. Saya menggunakan fasilitas WiFi tethering dari handphone. Sebelumnya Mac dan ipad terhubung di jaringan WiFi yang sama. Jika terhubung menggunakan jaringan yang berbeda, proses presentasi online tetap bisa namun sangat bergantung oleh kondisi koneksi internet masing-masing device. Meskipun saya menggunakan tethering, jaringan yang saya gunakan sebenarnya adalah jaringan lokal karena kedua device sama-sama terhubung di satu jaringan yang dipancarkan oleh handphone. 

Terhubung dengan iPad
AirDrop akan mencari device terdekat yang terhubung melalui jaringan yang sama. Di dalam gambar di atas, kebetulan hanya 1 device yang terhubung yaitu iPad. Jikalau ada banyak device yang terhubung maka akan lebih banyak pilihan di dalam menu tersebut. Tidak harus iPad, iPhone juga bisa dimanfaatkan sebagai device penerima atau calon viewers. Mereka akan menerima gambar (saja) dan juga bisa dengan suara jikalau suara dari presenter juga direkam oleh keynote dan di-broadcast. Setelah proses setting keynote live selesai maka akan tampil seperti di bawah ini, Play on keynote live lengkap dengan jumlah audience online yang bergabung.

Presentasi online siap dilakukan
Bagaimana tampilan presentasi online di gadget penerima?

Di gadget penerima akan diberikan tawaran untuk menampilkannya di browser Safari atau melalui layanan keynote yang sudah terinstall di aplikasi IOS maupun Mac. Sangat kebetulan, iPad yang saya gunakan sebagai penerima belum terinstall keynote sehingga presentasi online ini akan ditampilkan melalui layanan browser Safari. Jikalau keynote terinstall di IOS maka secara otomatis presentasi online ini akan tampil di aplikasi presentasi itu. Di saat device iPad terkoneksi dengan server icloud untuk menerima materi presentasi, maka akan ada pemberitahuan di browser safari.
Browser Safari di iPad yang sudah terhubung dengan keynote live

Di saat presentasi di mulai maka tampilan browser Safari di iPad akan mengikuti tampilan presentasi dari presentator yang dilakukan di macOS. Begitupula dengan audio/ suara dari presentator juga akan ter-broadcast melalui jaringan internet. Adapun tampilan presentasi di iPad bisa di lihat pada gambar di bawah ini. 

Tampilan presentasi di browser Safari iPad

Begitupula di saat presentasi usai, audience akan diberitahu melalui screen yang berubah menjadi warna biru dan menginformasikan bahwa presentasi telah selesai. Tampilan akhir presentasi online ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Akhir presentasi di iPad
Bagaimana tampilannya di Android? tidak berbeda gambar di bawah ini adalah tampilan keynote live yang saya ambil dari android samsung A7 (2016), saya membukanya tidak di browser safari ataupun google chrome tetapi dari browser samsung internet yang sudah tersedia di aplikasi samsung. Hanya ukuran screen saja yang berbeda, selebihnya sama. Memang untuk koneksi ada sedikit delay jika kita bandingkan dengan yang diterima oleh basis IOS dan Mac. Tapi tidak begitu signifikan.

Tampilan keynote live di android (Samsung A7 tahun 2016)


%d bloggers like this: