Skip to content

Cara Sinkronisasi ORCID dengan Crossref

Biar lebih kekinian mengikuti zaman, saya coba membuat catatan kecil tutorial sederhana melakukan sinkronisasi ORCID Profile dengan Crossref. Pentingkah? Mungkin tidak hehehe. Menjadi sedikit penting bagi teman-teman yang senang melakukan penelitian dan publikasi karya tulis ilmiah di jurnal maupun konferensi. Baik, pertama apa itu ORCID? Bagi yang ingin tau mengenai ‘binatang’ ini silakan click tautan ini dan yang ingin tau tentang crossref silakan click tautan ini. Silakan pelajari sendiri, tidak perlu saya jelaskan ya, Bahasa Enggrais saya masih belepotan, takutnya salah mengartikan.
Oke, gimana caranya kita sinkronisasi data crossref dengan ORCID seperti profile saya ini. Ini bukan promosi ya.
1. Crossreff sebenarnya memberi layanan login dengan memasukkan ORCID ID. Silakan sign In saja di tombol sebelah atas kanan, ada tulisan ID (warna ijo) nah itulah tombolnya. Cukup click sekali saja! Kemudian isikan ORCID ID dan passwordnya di form yang sudah disediakan. Ada yang belum punya ORCID ID? Silakan bikin dengan cara click bagian bawah, anda bisa sign in menggunakan akun facebook atau google. 
Sign in menggunakan ORCID ID

2. Kemudian, di form search (atas sendiri) ketik saja nama anda. Nama lengkap tanpa gelar apalagi julukan waktu kecil. Cukup nama lengkap first name dan last name. Nah, si crossref akan mencari secara otomatis tu seluruh artikel yang ditulis oleh nama yang kita tulis di atas. 
Mencari artikel yang ditulis
3. Langkah selanjutnya adalah melihat setiap artikel dan masukkan ke ORCID Profile. Setiap artikel akan ada label IN YOUR PROFILE dan ADD TO ORCID. Apa artinya ya? Kalo IN YOUR PROFILE artinya artikel itu sudah ada di laman ORCID profile kita, so..tidak perlu ditambahkan. Nah untuk artikel yang belum masuk silakan click ADD TO ORCID. 
Sikronisasi selesai
4. Tunggu sesaat dan… masuk ke ORCID profile kita (bisa lihat di: http://orcid.org/0000-0003-0307-847…)
Jadi deh profile yang terupdate (bagian bawah sebenarnya yang terapdet) di bagian ini tidak kelihatan.
%d bloggers like this: