Skip to content

Temukan artikel menggunakan google assistant

Menemukan artikel yang sesuai dengan tema penelitian merupakan pekerjaan tersendiri. Tidak jarang seorang peneliti harus mencarinya di berbagai portal dan search engine. Bagi yang berlangganan sciencedirect, emerald, tailor & francais dan portal penyedia jurnal lainnya, mungkin pekerjaan mencari-membaca dan mendownload ini bukanlah pekerjaan sulit. Tinggal kita subscribe tema artikel tertentu dan portal-portal ini akan secara otomatis memberikan list judul artikel sesuai dengan yang kita inginkan. Tinggal kita membaca, dan jikalau ada artikel yang cocok dan sesuai dengan apa yang sedang kita tulis, kita masukkan ke reference manager seperti mendeley ataupun endnote. Mudah sekali.
Mengaktifkan google assistant dengan google Allo
Tidak berbeda dikala memanfaatkan search engine seperti google scholar, scopus, DOAJ dan masih banyak mesin pencari lainnya. Tinggal kita masukkan kata kunci di keyword dan search. Bahkan beberapa mesin pencari juga menyajikan beberapa filter tambahan seperti rentang waktu, penulis hingga keyword-keyword spesifik tertentu. Semakin memudahkan dan memanjakan penulis. 
Ada fiture super memanjakan penulis saat ini yang dikembangkan oleh raksasa Internet Google yaitu Google Assistant. Bersifat virtual, piranti ini bisa melakukan apapun yang kita minta layaknya seorang asisten. Cara bekerjanyapun sangat canggih, bisa mengenal perintah text maupun suara. Perintah text adalah dengan cara mengetik perintah tertentu di google assistant ini, dan dia akan memberikan apa yang kita minta.
Menggunakan Google Allo, perangkat pengirim pesan seperti whatsapp, kita bisa mencoba kecerdasan fitur virtual ini dengan cara mengetik. Ambil contoh: ‘help me with history of Indonesia’, menunggu beberapa detik, kemudian google assistant akan menyajikan berbagai alternatif sumber-sumber informasinya. Kita tinggal click/ tap dan artikel siap dibaca di browser. 
Tidak berbeda, kalau kita menggunakan perintah berbasis suara. Katakan ‘Ok Google’ untuk mengaktifkan google assistant dan kemudian segera ucapkan artikel ataupun informasi yang kita inginkan. Menunggu beberapa detik, dan beberapa sumber artikel sudah siap di browser. Mudah dan memanjakan.
Mengaktifkan google assistant dengan suara
Mencari artikel ilmiah
Tidak berbeda dengan mencari berbagai informasi yang tersedia di jagat dunia maya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kita bisa gunakan fiture ini untuk tujuan yang sama. Sebagai contoh dengan menulis : help me with recent scientific article of mobile learning. Maka secara otomatis google assistant akan mencarikan berbagai artikel ilmiah dari jurnal-jurnal terkemuka di dunia dan menyajikannya untuk anda. Perintah yang sama bisa dilakukan dengan perintah suara. Jangan lupa katakan mantranya dulu untuk mengaktifkan google assistant yaitu ‘Hello Google’.
Keuntungan lainnya adalah mobile, benar-benar mobile. Dimanapun dan kapanpun, disaat ide tiba-tiba datang dan membutuhkan dukungan artikel untuk menguatkannya maka tinggal gunakan mantranya, Hello google, dan cling…artikel tersedia di layar handphone anda. 
Tidak lagi mobile learning yang memanfaatkan berbagai periperal mobile untuk mendukung pekerjaan. Penelitian dan menulis artikel juga bisa dengan mudah dilakukan. Mobile, user friendly dan simple.
%d bloggers like this: