Skip to content

Memanfaatkan CV Assistant di microsoft word

Ilustrasi membuat CV (Sumber: maxpixel.net lisensi boleh diunakan untuk keperluan non komersial)
Sekedar mengikuti show your desktop challenge yang digagas oleh salah satu teman di group WhatsApp, banyak yang meresponnya dengan menampilkan screenshot desktop komputer mereka masing-masing. Namun dari seluruh teman yang merespon dengan menampilkan tampilan layar desktop ada 1 teman yang saat ini sedang sekolah S3 di Jepang justru menampilkan tampilan screen microsoft word lengkap dengan caption; revisi revisi. Setelah saya buka, ternyata ada sesuatu yang baru saja saya lihat yaitu ada icon CV Assistant di menu review. Menjadi lebih penasaran karena di icon menu tersebut ada logo linkedin, salah satu media sosial para profesional yang sangat terkenal dan banyak digunakan, tidak terkecuali saya. Karena penasaran sayapun mencoba memanfaatkan fasilitas lama tetapi baru terlihat ini untuk melihat kehandalannya. Ekspektasi awal saat saya ingin mencoba adalah bakal ada format kurikulum vitae otomatis yang terintegrasi dengan linkedin. 

Icon CV Assistant di bagian kanan atas di menu Review
Gambar di atas ini saya ambil dari postingan teman saya di group whatsapp angkatan. Sengaja saya buat blur isi di tengahnya karena berisi hasil riset yang bersangkutan selama studi PhD di Jepang. Icon CV Assistant berada di pojok kanan atas di menu review. Di kala kita mengaktifkan menu ini, maka kita akan disajikan bilah dialog dan kita diharuskan mengisi peran (role) dan tempat kerja kita berupa industry. Setelah kita memasukkan peran dan industri tempat kita bekerja maka secara otomatis CV assistant ini akan mencarikan berbagai referensi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berisi narasi bidang kerja kita. Sebagai contoh saya menulis lecturer di kolom role dan higher education di kolom Industry, maka secara langsung form ini akan terhubung dengan linkedin dan secara otomatis akan menampilkan beberapa contoh narasi mengenai tanggung jawab peran itu di bagian kanan. 
Contoh narasi lingkup kerja 
Memang berbeda dengan ekspektasi awal saya sebelum menggunakan fasilitas ini, tetapi cukup membantu di kala kita membuat daftar riwayat hidup. Tidak ada form baku yang disediakan oleh CV Assistant dalam membuat curriculum vitae, namun meski begitu sebenarnya microsoft word sudah menyiapkan template CV tinggal kita gunakan atau sedikit memberikan modifikasi seperlunya. Kemudian, tadinya saya berfikir bahwa CV yang akan terbangun secara langsung terhubung dengan akun kita linkedin.com, ternyata juga tidak terhubung. Kita harus mengetik ulang seluruh materi yang sebelumnya sudah kita tuliskan di linkedin.com.
%d bloggers like this: