Skip to content

Menelisik rubrik turnitin untuk menilai artikel ilmiah

Selama 3 tahun menjadi salah satu juri karya tulis ilmiah mahasiswa, saya selalu menggunakan turnitin. Awalnya saya menggunakan turnitin hanya seperti fungsi utamanya yaitu mengecek tingkat kesamaan antara suatu karya ilmiah karya mahasiswa dengan beberapa sumber di internet. Namun mulai tahun kemarin hingga saat ini saya mulai memanfaatkan fasilitas tambahan tunitin.com yaitu rubric. Tambahan fasilitas ini berfungsi sebagai formulir untuk mengevaluasi setiap artikel yang ingin kita nilai. Rubrik saya buat sesuai dengan Term of Reference (TOR) yang disediakan panitia. Saya buat di turnitin kemudian saya buat skala penilaiannya dan pada akhirnya seluruh artikel dengan sangat mudah bisa saya nilai menggunakan rubrik ini.

Tampilan LKTI di turnitin

Besar sekali manfaatnya. Dari cek similarity kita bisa memahami bagaimana konstruksi sumber informasi yang digunakan oleh peserta lomba. Tahun 2018 ini, saya lihat sangat drastis penurunan tingkat similarity-nya dibandingkan tahun 2016 dan 2017. Di tahun 2016 bahkan ada artikel yang mendekati 90% yang artinya sebesar 90% isi karya tulis ilmiah diambil dari berbagai sumber di Internet. Di tahun 2017 sudah turun dan ditahun 2018 ini sangat rendah. Tingkat similarity tertinggi tahun ini di angka 38% berada di zona kuning. Meskipun angka 38% ini masih tidak bisa ditoleransi (toleransi jika di bawah 20%, menurut Turnitin.com yaitu di zona hijau) namun nilai ini sudah menunjukkan penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tampilan rubric di Turnitin.com

Rubric yang kita buat di turnitin.com akan meminta model penilaiannya apakah menggunakan bobot presen, bentuk narasi atau nilai angka. Ada 3 jenis model itu yang perlu kita perhatikan. Sedangkan contoh yang saya sisipkan di tulisan ini menggunakan model persentase berupa bobot-bobot persen setiap kriteria penilaian. Kriteria atau indikator penilaian akan disajikan di kolom bagian kiri lengkap dengan narasi/ penjelasan sedikit mengenai keterangan kriteria yang kita gunakan. Kemudian di bagian baris/ row disajikan skala nilai yang akan kita buat. Saya membuatnya skala 0 – 100 dimana nilai 0 menunjukkan nilai terkecil dan 100 merupakan nilai terbesarnya. Sebenarnya setiap skala yang disajikan di bagian baris bisa juga kita buat definisi atau keterangan setiap nilai itu. Setelah kita buat, kemudian kita simpan dalam bentuk rubric. Perlu diperhatikan bahwa setiap rubric yang sudah disimpan di turnitin.com tidak bisa dihapus, akan tersimpan di database turnitin.

Bagaimana kita menilai setiap artikel dengan memanfaatkan rubric ini di turnitin? Sebelum kita menilai kita harus melakukan setting kelas, kemudian kita tentukan rubric/ form yang akan kita gunakan. Setiap form/ rubric yang kita bangun di turnitin.com akan tersimpan dan akan tersajikan secara otomatis di dalam pilihan rubric. Di setting kelas ini sebenarnya banyak sekali yang bisa lakukan, salah satunya menentukan metode submit paper kita apakah akan masuk ke mode no repository ataukah mode standard paper repository. Penjelasan mengenai kedua mode ini bisa dibaca di artikel similarity index tinggi belum berarti plagiasi.

Menentukan rubric yang digunakan untuk penilaian artikel

Cara kerja rubric ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Rubric yang sebelumnya kita buat, kemudian kita gunakan untuk menilai akan tampil di bagian kanan. Nilai 0 – 100, seperti yang sudah saya buat sebelumnya, menjadi skala yang akan menentukan nilai dari setiap kriteria. Kemudian setelah dikalikan dengan bobot-nya makan secara langsung akan menghasilkan nilai. Sama persis dengan EXCEL sebenarnya, hanya saja ini akan lebih mudah dan lebih aplikatif di turnitin.

Aplikasi rubric di turnitin.com untuk menilai artikel

 

%d bloggers like this: