Skip to content

Solusi legal menggunakan grammarly gratis

Grammar checker seperti grammarly.com sangat membantu bagi saya yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih rendah. Masih sering menulis dengan grammar yang keliru, tidak tepat. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah tidak membubuhkan artikel di depan kata benda. Maklum, di Bahasa Indonesia tidak menggunakan artikel di setiap kata bendanya. Perbedaan grammar ini antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menjadikan sering terlupakannya artikel. Tentu tidak hanya itu, penulisan yang tepat juga terkadang masih terkendala. Karena persoalan itu, maka grammar checker seperti ini sangatlah membantu.

Persoalan selanjutnya adalah grammarly.com bukanlah software gratisan. Hehehe… gratisan tetep jadi prioritas asal bukan bajakan. Alhamdulillah kalo yang bajak-bajakan sudah mulai ditinggalkanlah, inshaf, menggunakan hardware dan software original sekarang. Namun meski begitu, software gratisan atau freeware tetep jadi buruan utama. Nah… freeware semacam grammarly ini belum banyak beredar. Harus subscribe dan membayar setiap tahunnya. Lebih dari Rp. 1.000.000,- setiap tahunnya, wow mahal. Iya mahal, kenapa? Ya.. karena setiap tahunnya bukan hanya melanggan grammarly tetapi juga office 365 dimana harganya sekitar Rp. 1.200.000,- setiap tahunnya untuk edisi Home. Artinya jika harus melanggan 2 software sekaligus setiap tahunnya, jelas berat diongkos.

Untung Grammarly.com cukup baik hati. Gratisannya ada untuk google chrome dan juga bisa aktif kita ‘mainkan’di google doc. Layanan anyar cukup membahagiakan. Mulai berbondong-bondong migrasi, menggunakan google doc ketimbang memanfaatkan office 365, ini khusus dikala ingin menulis artikel dalam bahasa Inggris. Berjalan mulus, legal dan cepat. Pakai tethering menggunakan telkomsel juga bisa berjalan lancar tanpa jeda. Alhamdulillah. Tidak hanya di google doc, software ajaib ini juga bisa kita nikmati di google chrome seperti yang sudah saya singgung di atas. Misalnya kita menulis email menggunakan Bahasa Inggris, aktifkan saja grammarly for chrome maka akan secara otomatis mengoreksi grammar Bahasa Inggris kita. Fiture yang cukup berguna lainnya adalah adanya suggestion sehingga di kala kita ingin menulis email, maka akan ada suggestion text, memperingan otak untuk loading.

suggest google doc

Koreksi grammarly di google doc

Lumayan bisa memberikan koreksi untuk basic grammar terutama dikala ada kata benda tidak menggunakan artikel atau membubuhkan tobe dikala belum ada verb. Namanya juga basic, jadi layanannya masih yang level terendah. Untuk sentence suggestion hingga readibility kalimat harus upgrade ke versi premium dan – bayar. Meskipun bisa memberikan suggestion perbaikan tetapi pengetahuan dasar bahasa Inggris tetap harus dimiliki bagi seorang penulis. Tidak bisa hanya mengandalkan grammarly untuk memastikan bahwa bahasa Inggrisnya benar dan baku. Di sini, grammarly hanya membantu.

Office online

Grammarly tidak berjalan di Microsoft Office (meskipun online)

Layanan premium grammarly di google doc ini tidak berlaku untuk microsoft office. Meskipun menggunakan microsoft word online dengan memanfaatkan google chrome, namun layanan gratisan ini tidak bisa bekerja. Hanya untuk google chrome dan google doc namun tidak untuk microsoft office (meskipun online – sekali lagi). Secara otomatis fungsi grammarly akan non-active, mati dan tidak berfungsi. Jadi berfikir berkali-kali untuk melanjutkan subscription office 365 atau justru mulai pindah ke google doc.

 

%d bloggers like this: