Skip to content

Berbagi cerita dari meja redaksi Riptek

Cover modul online Riptek

Cover modul online Riptek

Satu bulan lalu tepatnya hari selasa 26 Maret 2019, di depan peserta sosialisasi hasil penelitian Kota Semarang. Riptek, jurnal ilmiah yang dikelola oleh Bappeda Kota Semarang diperkenalkan. ‘Sisipan’ informasi di tengah-tengah paparan penelitian. Meskipun sedikit tidak nyambung dengan tema besar kegiatan, launching pertama Jurnal Riptek ini perlu dilakukan sebagai wadah hasil penelitian terkait dengan Kota Semarang. Riset-riset yang banyak dilakukan di Kota Semarang baik oleh warga Kota Semarang melalui kampus-kampus di sini maupun mereka yang terlibat di dalam hibah penelitian Internasional dari lembaga global seperti World Bank, USAID, Mercy Corps dan masih banyak lagi tentunya. Banyak, banyak sekali. Setiap proyek-proyek studi yang digawangi oleh OPD-OPD di pemerintah Kota Semarang juga bisa menjadi beberapa sumber yang perlu diakomodasi sebagai hasil riset dan pada akhirnya dipublikasikan ke dalam artikel jurnal ilmiah. Nah… jurnal Riptek bisa menjadi ruang publikasinya.

Menggunakan platform OJS (Online Journal System), jurnal digital Riptek dibangun dan dipublikasikan di portal http://www.riptek.semarangkota.go.id. Berbeda dengan jurnal Riptek sebelulnya yang baru mempublikasikan dokumen artikel dalam bentuk portable document format (PDF) di web Bappeda Kota Semarang, di platform OJS ini juga mengelola proses editing setiap artikel. Seluruh proses pengolahan artikel akan direkam dan diarsipkan secara rapi di sistem OJS. Kelengkapan administrasi jurnal online baru diupayakan dengan mendaftarkan ISSN – Online di PDII LIPI. Syarat administrasi ISSN Online ini sangat perlu sebagai syarat dasar agak jurnal cetak juga boleh dionlinekan menjadi jurnal online. Selain itu, kebutuhan dasar agar bisa diindex oleh DOAJ (Directory Open Access Journal). Sebegai mesin pengindex tingkat menengah perlu juga diperhitungkan di dalam pengelolaan jurnal digital.

Selain portal online, redaksi jurnal riptek juga akan memiliki modul pengelolaan jurnal. Modul ini masih dalam proses penyempurnaan yang nantinya juga akan bisa diakses umum dan juga open access. Isinya sangat operasional dan teknis pengelolaan OJS. Dari seorang calon penulis yang akan mengirim artikelnya ke OJS hingga seorang jurnal manager di dalam mengelola website jurnalnya. Komplit.

Tidak berhenti di OJS dan modul. Dilengkapi juga dengan video tutorial pengelolaan jurnal yang juga bisa diakses publik di channel youtube. Sehingga diharapkan selain membaca modul, seorang pengelola jurnal juga bisa melihat secara langsung video tutorial di youtube. Setiap langkah penggunakan tools di OJS diilustrasikan di video tutorial dengam sangat rinci dan jelas. Masyarakat umum dan tentu mereka yang tertarik dengan dunia riset dan publikasi akan dimudahkan.

Video tutorial penggelolaan OJS
%d bloggers like this: