Menulis untuk diri sendiri! Catatan pinggir sebagai seorang guru selama bekerja di Kampus Undip. Materi yang disajikan bersumber dari rutinitas di kelas, mendampingi mahasiswa survei ke lapangan dan pekerjaan tambahan sebagai salah satu editor jurnal nasional. Selain berisi pengalaman kerja, blog ini juga menyajikan tips dan trik memanfaatkan berbagai software dan hardware guna mempermudah pekerjaan yang tersaji dalam menu ruang editor, ruang kelas, teknologi dan observasi.

Khusus untuk materi perkuliahan yang sebelumnya ada di blog ini telah saya pindahkan ke kelas online. Silakan login ke kelas online itu menggunakan akun dan password yang sudah saya berikan di kelas. Hanya mahasiswa dan dosen partner yang bisa mengakses kelas online tersebut. Materi di dalamnya tidak lagi menjadi konsumsi publik.

Mulai bulan Mei 2021, menu meja redaksi sudah tidak aktif lagi meskipun materinya masih bisa diakses. Tulisan-tulisan yang berkaitan dengan tatakelola jurnal digital akan dikonsentrasikan di blog baru bernama redaksi berkala yang berisi tutorial tata cara mengelola dan menulis artikel. Blog ini hasil kerjasama antara redaksi jurnal tataloka dan saya yang mengelola jurnal pengembangan kota. Dari pengalaman lebih dari 10 tahun, kami coba share beberapa materi yang semoga berguna bagi para penulis dan juga pengelola. Silakan kunjungi redaksi berkala di URL berikut https://redaksiberkala.wordpress.com.

Selain rutinitas di kampus, saya suka masak dan sering menulis resep-resepnya dalam bahasa jawa di cookpad.com di url berikut: https://cookpad.com/us/users/30384997.

Koreksi, masukan dan saran dari pembaca akan selalu saya perhatikan dan mohon untuk mengirimkan kritik dan sarannya ke email sariffuddin(at)kelassarif.com. Dan semoga blog sederhana ini bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa dan pembaca pada umumnya.

Profile: