Skip to content

Investigasi penurunan kualitas lingkungan Pesisir Demak

RDM : Riset dosen mahasiswa tahun 2019 ini merupakan lanjutan dari RDM tahun 2018 lalu yang diikuti oleh 6 mahasiswa dari angkatan 2013, 2014 dan 2015. Keenam mahasiswa ini telah bekerja keras dan sudah berhasil hingga tahap proposal riset, survei, sidang pembahasan dan ada yang sudah wisuda. Keenam mahasiswa yang dimaksud adalah:

RDM 2018

  1. Reni Setiani. Kapasitas adaptasi warga dalam mewujudkan komunitas tangguh. Selesai survei, proses persiapan ujian pembahasan.
  2. Esa Linita Br Sitepu. Penilaian ketahanan komunitas menghadapi bencana rob dan abrasi. Selesai presentasi pembahasan TA, persiapan ujian akhir TA.
  3. Dina Apriliani. Kapasitas institusi lokal mewujudkan komunitas tangguh. Selesai survei, proses persiapan ujian pembahasan.
  4. Maulidhaini. Pembelajaran sosial (social learning) masyarakat merespon bencana pesisir. Persiapan ujian proposal TA.
  5. Muhammad Maaz. Pola migrasi masyarakat sebagai respon bencana pesisir. Selesai ujian proposal TA, persiapan survei.
  6. Ahmad Aulia Nur Haq. Perubahan mata pencaharian masyarakat akibat rob dan abrasi. Sudah wisuda.

RDM 2019

Tim mahasiswa peneliti RDM tahun 2019 ini adalah:

  1. I Gusti Agung Made Andika WiratmajaAnalisis perubahan kualitas lingkungan di pesisir kecamatan sayung berbasis sistem informasi geografis.
  2. Aisha Wirastri Ardianty PradiptaPenilaian kerugian aset pemerintah dan masyarakat akibat rob dan abrasi di permukiman pesisir Kecamatan Sayung, Demak
  3. Rifqy ArdhansyahProyeksi dan pemodelan abrasi di Kecamatan Sayung serta Pembuatan Rencana Preventif.

Tema penelitian

Investigasi penurunan kualitas lingkungan pesisir Sayung, Kabupaten Demak

Sub tema penelitian yang ditawarkan

Sub tema penelitian yang ditawarkan tahun ini ada 3 yang akan dikerjakan oleh 3 mahasiswa, yaitu:

  • Pemetaan penurunan kualitas lingkungan wilayah pesisir.

Pada sub tema ini, mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang GIS/ pemetaan sangat diutamakan. Mahasiswa peneliti akan melakukan investigasi terhadap kerusakan lingkungan pesisir Sayung. Mahasiswa peneliti akan melakukan:  (1) pemetaan perubahan garis pantai Sayung dengan memanfaatkan citra satelit (time series), (2) Investigasi kondisi lingkungan di masing-masing periode penurunan kualitas lingkungan pesisir, (3) Mencari penyebab penurunan kualitas lingkungan wilayah pesisir Sayung. Sangat dianjurkan untuk membaca hasil-hasil penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan dan dipublikasikan.

  • Penilaian asset akibat abrasi dan rob

Penelitian ini dilakukan untuk menghitung seberapa besar kerugian daerah pesisir akibat rob dan abrasi? Di sub tema ini, mahasiswa peneliti akan menilai kerugian asset permukiman pesisir yang terdampak oleh rob dan abrasi. Kerusakan/ kerugian asset akan dihitung menurut standar dan kriteria teknis yang sebelumnya dibangun. Tema ini dibatasi pada penilaian asset fisik yang kemudian akan dikonversi ke dalam bentuk rupiah. Sehingga di akhir penelitian mahasiswa peneliti diharapkan mampu menyajikan informasi berapa rupiah kerugian yang ditimbulkan oleh kerusakan pesisir Sayung.

  • Proyeksi genangan rob dan abrasi

Untuk mendukung adaptasi wilayah pesisir Demak, kita perlu mengetahui bagaimana kondisi genangan yang disebabkan oleh rob dan abrasi di masa depan. Luasan genangan yang terus bertambah dari tahun ke tahun perlu diperhitungkan menurut rentang waktu pembangunan wilayah. Di sub tema ini mahasiswa dengan keahlian pemetaan/ GIS diharapkan mampu merumuskan indikator-indikator perubahan lingkungan yang perlu diperhatikan dalam proses proyeksi genangan. Mahasiswa peneliti diharapkan mampu memproyeksi selama 20 tahun sesuai dengan jangka waktu pembangunan wilayah baik yang diatur di RPJM maupun RTRW.

Bagi mahasiswa yang ingin mengambil tema pemetaan, sangat disarankan untuk menggunakan software berlisensi. Jika tidak memilikinya silakan menggunakan Quantum GIS (freeware). Ini perlu diperhatikan mengingat tujuan akhir riset kolaboratif ini adalah publikasi hasil.

Mekanisme bimbingan tugas akhir

Mahasiswa dan dosen di dalam RDM ini merupakan partner kerja dengan tujuan belajar tanpa ada tujuan komersial (non-profit). Mahasiswa dan dosen akan bersama-sama mempelajari dokumen riset, membaca dan mendiskusikan artikel hasil penelitian sebelumnya hingga survei dilakukan bersama. Sharing data dan artikel riset akan dilakukan selama proses penelitian menggunakan aplikasi SharePoint dari Microsoft Office 365 for business yang sudah disediakan oleh UNDIP.

Hasil dari riset kolaborasi ini akan dipublikasikan di jurnal nasional dimana mahasiswa sebagai penulis pertama dan dosen pembimbing sebagai penulis pendamping (co author). Setiap pembiayaan yang dibutuhkan selama proses publikasi akan diupayakan oleh dosen pembimbing.

Lokasi Penelitian

Penelitian ini akan dilaksanakan di pesisir Kabupaten Demak.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.